Navigation

Tips Cara Memilih Papan Gypsum Yang Baik dan Cara Merawatnya

Tips Cara Memilih Gipsum (Gypsum) dan Cara Merawatnya-Rumah Impian. Saat ini anda sudah tidak asing lagi dengan material papan gypsum
Tips Cara Memilih Papan Gypsum Yang Baik dan Cara Merawatnya-Rumah Impian. Saat ini anda sudah tidak asing lagi dengan material papan gypsum walaupun memang papan gypsum sudah lama di kenal sejak dulu. Fungsi dari papan gypsum sendiri biasanya digunakan sebagai pengganti dinding konvensional yang biasanya terbuat dari batu bata atau batako. Bentuknya yang ringan dan cepat pengaplikasianya menjadi pilihan bagi beberapa calon pembeli.



Banyaknya merk yang di keluarkan oleh para produsen gypsum sehingga membanjiri pasar. Hal ini merupakan keuntungan bagi para calon pembeli karena memiliki banyak pilihan sesuai dengan keinginan atau selera. Namun selain keuntungan banyaknya pilihan yang di tawarkan pasar membuat pembeli juga merasa bingung, mana gypsum yang berkwalitas bagus dan tidak.



Bobotnya yang ringan, fleksibel dan tahan terhadap api menjadikan gypsum menjadi pilihan yang paling di cari saat ini. Trend dan populeritas papan gypsum saat ini di tandai dengan banyaknya merk yang tersedia di pasaran. Para produsen berlomba-lomba untuk menarik perhatian para pembali mereka menjanjikan kwalitas yang terbaik dengan harga yang bersaing.



Agar anda tidak bingung atau sampai terkecoh dalam menentukan gypsum yang baik ada beberapa 
Tips Memilih Papan Gypsum yang Baik :

Papan Gypsum Tidak Berongga

Saat memilih papan gypsum pastikan tidak ada rongga ataupun lubang pada permukaanya, Karen ini merupakan salah satu tanda bahwa gypsum tersebut berkwalitas baik. Kemudian saat gypsum tersebut di pegang tidak ada bekas cat atau kotoran yang menempel di tangan. Pastikan juga permukaan papan gypsum bebes dai cat atau gumpalan. Kondisi papan gypsum yang rata dan halus mempengaruhi kwalitas material sehingga akan kuat dan bertahan lama.

Papan Gypsum Dengan Permukaan Rata

Setalah memastikan kondisi papan gypsum tidak berongga atau bolong selanjutnya pastikan papan gypsum rata dan lurus. Imbasnya saat di gunakan sebagai dinding atau partisi juga sebagai plafon tidak terlihat adanya tonjolan ataupun cekungan yang akan mempengaruhi nilai estitika dalam rumah.


Berat Yang Ringan

Gypsum yang berkwalitas baik bukalan yang memiliki bobot yang berat, namum pilihlah bobot yang ringan. Idealnya papan gypsum yang memiliki ketebalan 9mm akan memiliki berat tidak lebih dari 15Kg. Berat yang ringan nantinya juga akan mempermudah saat proses pemasangan. Apalagi saat di aplikasikan pada langit-langit sebagai plafon.


Kuat

Faktor terakhir adalah kekuatan dari papan gipsung, kwalitas yang baik tidak akan mudah retak, gompal apalagi sampai patah dengan mudah. Karena saat di gunakan sebagai dinding atau sekat kondisinya harus stabil dan tidak mudah rusak jika tersenggol benda di sekitarnya.

Tips Cara Memperbaiki Cat Papan Gypsum Yang Mengelupas

Selain di gunakan pada material dinding konvensional cat juga bisa di gunakan pada material gypsum. Fungsi pada gypsum juga sama pada tembok yaitu memberikan warna atau melapisi bagian permukaanya menjadi lebih baik dan juga harus tidak gampang terkelupas. Namun apakah yang menyebabkan mengelupasnya cat papan gypsum, salah satunya adalah aplikasi compound atau penyambungan gypsum yang salah. Cata tidak merekat sempurna pada permukaan gypsum namun masih menempel pada debu dari sisa-sisa pengamplasan.

Aplikasi compound yang tidak tepat di atas permukaan juga akan mengakibatkan hal yang sama. Contohnya pada bagian kertas gypsum. Pengecatan yang terlalu tipis juga akan menyebabkan cat mudah terkelupas.

Untuk mencegahnya gunakanlah compound gypsum atau perekat gypsum cukup pada sambungan gypsum saja. Pastikan juga permukaanya sudah bebas dari debu, kering dan bersih.
Apabila cat gypsum sudah terkelupas ada beberapa cara yang bisa anda lakukan.

  1. Keroklah seluruh lapisan cat yang mengelupas, keroklah lebih luar dari permukaan cat yang terkelupas.
  2. Kemudian aplikasikan wall sealer dan biarkan hingga kering selama kira-kira 30 menit. Fungsi dari wall sealer adalah untuk menutupi pori-pori dinding dan meratakan penyebaran cat.
  3. Setelah kering perbaiki permukaan dan ampelas hingga rata.
  4. Bersihkan permukaan gypsum dari sisa ampelas.
  5. Kemudian aplikasikan kembali wall Sealer dan biarkan kembali mongering
  6. Jika sudah kering langkah terakhir adalah melakukan pengecetan ulang pada papan gypsum, pilihlan cat yang berkwalitas baik agar cat dapat bertahan lebih lama.


1   Demikianlah artikel dari blog rumah impian yang pada kesempatan kali ini membahas tentang Tips Cara Memilih Gypsum dan Cara Merawatnya, semoga bisa mencadi acuan anda dalam memilih papan gypsum yang berkwalitas baik.
Share
Banner

marjuki juki

Test

Post A Comment:

0 comments: