Tips Agar Rumah Nyaman Sehat Dan Tidak Panas

Tips Agar Rumah Nyaman Sehat Dan Tidak Panas – Rumah Impian. Tempat tinggal yang panas tentunya akan membuat anda dan keluarga tidak nyaman sehingga akan membuat anda dan keluarga tidak betah berada berlama-lama di dalam rumah. Jika hal ini terus terjadi fungsi dari rumah sebagai tempat istirahat yang nyaman akan berkurang. Namun jika anda ingin mendapatkan rumah yang nyaman dan tidak panas ada beberapa hal yang bisa anda lakukan.


Perhatikan Posisi dan Arah Rumah

Pertama, Pastikan kalau arah rumah anda menghadap selatan. Rumah yang menghadap ke timur akan menerima matahari pagi dan rumah yang menghadap barat akan menerima panas matahari sore yang lebih panas di banding pagi hari.  Walaupun pada intinya cahaya matahari pagi baik untuk kesehatan, tetapi semakin siang antara jam 8 – 11 anda dan keluarga akan merasa terganggu kenyamananya lantaran intensitas cahayanya yang semakin tinggi. Kemudian waktu sore hari saat matahari cenderung ke barat, jendela kaca dan tembok rumah akan terkena sinar matahari yang lebih panas dari waktu pagi hari biasanya berlangsung mulai jam 14 – 16 . Walaupun matahari telah terbenam dan lewat dari jam tadi udara panas yang di tinggalkan seakan masih berputar-putar didalam rumah dan menempel pada tembok yang masih terasa hangat.

Gunakan Material Bangunan Peredam Panas

Pilihlah material yang dapat meredam panas atau bisa melepaskan panas lebih cepat, misalnya bata merah. Materi yang terbuat dari tanah liat ini nyatanya dapat menyerap panas dari luar. Atau, Anda dapat memberikan pelapis antipanas pada genting atau dinding. Contohnya dengan memakai cat antipanas merk Reflecto.

Perhatikan Jendela dan Ventilasi

Perhatikan sirkulasi udara. Ventilasi atau bukaan jadi syarat wajib dan penting yang perlu Anda penuhi didalam suatu rumah. Tanpa ada ventilasi yang baik, rumah akan terasa panas. Idealnya, ventilasi ada di tiap-tiap ruangan didalam rumah. Ventilasi bisa berupa jendela yang di buka tutup atau geser dan bisa juga berupa lubang angin di bagian atas tembok yang berfungsi membantu pertukaran udara dalam rumah dengan luar rumah. Dengan adanya ventilasi udara yang baik rumah akan lebih nyaman dan tentunya menjadikan konsep rumah sehat karena udara senantiasa selalu berganti.


Perbanyak Tanaman Pada Halaman Rumah

Jika masih ada lahan kosong pada halaman rumah perbanyaklah tanaman di sekitaran tempat tinggal. Pilihlah tanaman yang bisa mengurangi paparan matahari langsung dan bisa meredam udara panas dalam rumah. Pilihlah tanaman yang rindang agak lebih maksimal mengurangi cahaya matahari yang masuk ke dalam rumah, beberapa contoh tanaman yang bisa anda tanam seperti pucuk merah, cemara, atau tanaman buah yang berdaun banyak. Selain mencegah masuknya cahaya matahari ke dalam rumah fungsi tanaman juga untuk penghijauan dan bisa membantu proses sirkulasi udara khususnya pada pagi siang dan sore hari karena tanaman akan melepas oksigen pada waktu-waktu tersebut.

Perhatikan Ketinggian Atap atau Plafon

Kondisi Plafon atau langit-langit yang rendah juga bisa membuat ruangan di dalam rumah menjadi terasa pengap dan panas, proses pertukaran udara juga berjalan lambat dan hal ini sudah pasti mengurangi kenyamanan saat tinggal di dalam rumah. Jika ada dana lebih anda bisa mencoba meninggikan atap dan langit-langi. Anda bisa menambahkan alumunium foil untuk lapisan di bawah gentingnya. Ada 2 fungsi penting untuk penggunaan almunium foil pada atap rumah, pertama peredam panas atap rumah yang masuk dari terapan matahari dan yang kedua bisa mencegah kebocoran yang dapat terjadi di saat hujan, Sehingga air bocoran tidak akan langsung menetes pada plafon rumah anda.


Penggunaan Turbin Ventilator

Jika anda memiliki dana lebih, bisa coba memasang alat berupa turbin ventilator pada atap rumah, alat ini dapat bekerja dengan baik untuk mengatur dan membuang udara panas pada atap rumah. Bentuknya yang bersirip bisa juga di gunakan untuk menangkap udara luar yang lebih sejuk dan di alirkan ke dalam rumah.


Menggunakan Kaca Film Pada Jendela

Kaca film yang sering kita jumpai umunya lebih sering di pakai pada mobil dan ternyata cukup berfungsi dengan baik sebagai penahan panas matahari. Untuk di rumah anda juga bisa mencoba memasangnya pada kaca jendela rumah yang langsung terkena sinar matahari. Selain menahan panas matahari fungsi lain dari kaca film adalah bisa juga untuk menjaga privasi di dalam rumah sehingga lebih aman dari pandangan orang yang berada di luar rumah.


Pasang Kipas Angin

Kipas angin adalah salah satu penyejuk ruangan selain AC. Agar lebih optimal dan rumah terasa lebih adem dan tidak panas, pasanglah kipas angin pemasangan bisa di gantung pada plafon, dinding ataupun kipas angin yang berdiri. Kipas angin juga berfungsi dengan baik untuk mengeluarkan hawa panas dalam rumah yang harus di perhatikan jika menggunakan kipas angin pastikan ada sirkulasi untuk udara keluar baik dari pintu, jendela ataupun lubang angin, karena jika angin hanya berputar pada suhu kamar dampaknya akan kurang bagus untuk kesehatan dan bisa menyebabkan masuk angin atau yang lebih parah lagi paru-paru basah.

Menggunakan AC

Untuk suhu ruangan yang lebih sejuk setelah kipas angin pilihan anda juga bisa memasang AC. Tapi fungsi AC di sini lebih ke menambah kesejukan dan rasa dingin dalam ruangan, karena jika suhu dalam ruangan panas proses kerja AC akan lebih tinggi dan akan mempengaruhi besarnya listrik yang di keluarkan.

Menemukan Sumber Panas Peralatan Elektronik

Panas yang ada di dalam rumah juga bisa di timbulkan dari peralatan elektronik yang anda gunakan. Contohnya pemakaian setrika, TV dan lain sebagainya. Anda bisa mengatur waktu-waktu yang tepat saat perlu memakai alat-alat elektronik tersebut agar tidak terasa panas saat tiba waktunya anda dan keluarga di rumah beristirahat.

Buatlah Kolam Ikan atau Air Mancur

Elemen air dalam atau luar rumah selain dapat menimbulkan kesan sejuk dan nyaman sambil mendengan percikan suara air, bisa juga menambah nilai estetika pada taman di rumah. Pada sekitar kolam bisa juga di tambahkan dengan rumput atau tanaman hias sehingga lingkungan sekitarnya akan terasa lebih sejuk lagi.


Pilih Lampu Hemat Energi

Saat ini penggunaan lampu hemat energi cukup diminati oleh masyarakat bisa di katakan sudah menjadi tren untuk menggunakan lampu LED. Dari fungsi dari lampu ini saja sudah bisa di ketahui yaitu menghemat listrik rumah anda, karena dengan watt yang kecil tapi paparan cahaya yang di hasilkan tidak kalah terang di banding dengan lampu neon atau bohlam. Panas yang di kelurkan lampu jenis LED ini juga tidak terlalu panas di banding lampu jenis lain. Kekurangan dari lampu LED adalah pada harganya yang saat ini masih lebih mahal dari jenis lampu lainya.

Demikianlah artikel dari blog rumah impian yang kali ini membahas tentang Tips Agar Rumah Nyaman Dan Tidak Panas. Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca setia blog rumah impian. Selain artikel Tips Agar Rumah Nyaman Dan Tidak Panas, masih banyak artikel dan tips yang bisa anda temukan di sini.


Terima kasih telah membaca artikel tentang Tips Agar Rumah Nyaman Sehat Dan Tidak Panas di blog Rumah Impian jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :