Navigation

Tips Membuat Tempat Sholat di Rumah

Tips Membuat Tempat Sholat di Rumah Design Interior Design rumah dambaan untuk keluarga muslim umumnya dilengkapi dengan tempat solat/musola baik didalam ataupun diluar rumah. Selain berperan untuk kegiatan melaksanakan ibadah angggota keluarga, kerabat keluarga, teman dekat serta tamu juga yang bertandang di saat sholat bisa memakainya.
Tips Membuat Tempat Sholat di Rumah Design Interior Design rumah dambaan untuk keluarga muslim umumnya dilengkapi dengan tempat solat/musola baik didalam ataupun diluar rumah. Selain berperan untuk kegiatan melaksanakan ibadah angggota keluarga, kerabat keluarga, teman dekat serta tamu juga yang bertandang di saat sholat bisa memakainya. Anda Semuanya dapat membuat suatu ruangan untuk mushola baik didalam ataupun luar rumah, dengan design sederhana atau rumit. 

Untuk Mendekorasi ruangan solat, anda dapat juga memberikan sedikit ornamen-ornamen, untuk membuat cantik ruang, seperti, Kaligrafi - Kaligrafi serta aksesori doa. Anda dapat juga membuat perpustakan buku - buku islam, setelah dapat juga baca - baca buku. Tips Membuat Tempat Sholat di Rumah?, Yukk di simak sebagian penjelasan dibawah ini.

Perhatikan Luasnya 



Pertama, Hal yang butuh anda cermati yaitu ukuran luas mushola. Ukuran minimal yang umum dipakai 70 cm X 140 cm untuk satu orang. Bila anda mau mendesign 3 shaf, serta didalam shaf tersebut di peruntukan 3 orang, jadi ukuran ruang yang di butuhkan sekitar 2,5m x 4m 

Cocokkan Arah Tempat Solat 



Kedua, Arah mushola sesuai dengan arah kiblat agar pemakaian ruang jadi lebih efisien. Anda dapat juga tutup dengan dinding yang permanen agar kegiatan sholat bisa berjalan tambah nyaman serta khusyuk 

Ketinggian serta Lebar Mesti Diperhatikan 



Ketiga, Atap ruang baiknya di buat diatas 2, 7 m agar berkesan lega. Ketinggian lantai bangunan minimal sekitar 32-34 cm dari permukaan tanah atau rumput (khusus yang ingin bikin dengan rencana Gazebo, diluar rumah). Anda Dapat juga menamabahkan koral sikat untuk hindari cipratan air hujan. 

Warna Yang Menyejukan Mata 



Ke empat, Warna interior ruang mushola baiknya diambil warna yang dingin serta menyejukan mata. Misalnya warna hijau muda, biru muda, salem serta beberapa warna pastel. Jauhi pemakaian beberapa warna yang jelas serta panas. Bila anda mau mempadukan warna, pastikan warna yang seirama atau netral serta janganlah pilih gabungan warna yang kontras. 


Bila Mempunyai Tempat Yang Luas Baiknya.... 


Ke lima, Bila rumah anda mempunyai tempat yang cukup luas, baiknya mushola/tempat solat diletakkan diluar ruang (berupa seperti panggung/gazebo), agar dapat membuat kesan sejuk serta alami. Anda dapat meletakkan di depan, belakang atau samping rumah. 


Tempat Wudhu 

Ke enam, Hal-hal lain yang butuh di perhatikan yaitu tempat wudhu. Cermati kesucian serta kebersihan ruang tempat wudhu. Pembuatan lantai dapat memakai batu alam yang kasat agar lantai tak licin. Sistem penentuan batu juga diperhatikan, agar batu yang di gunakan tak berlumut. 
Anda dapat juga meletakkan cermin ditempat wudhu juga sebagai tempat membereskan diri saat sebelum melakukan beribadah sholat. Untuk hindari air yang berlebihan, letakkan juga handuk muka serta keset. 


Paling akhir.... Dekorasi serta Furniture 



ehhh iya. Bagaimanakah dengan furniture - furniturenya? , Untuk furniture Rack atau almari (tempat menaruh peralatan beribadah) baiknya diletakkan di ruang yang gampang dijangkau. Untuk type almari saya saranin, almari minimalis dengan jenis yang sederhana dengan design tertutup agar terlepas dari debu. 
Anda dapat pilih sajadah yang tebal agar sistem beribadah sholat bakal merasa nyaman. Anda dapat juga mengadakan suatu karpet tebal lebih dulu dibawah permukaan sajadah. Motif terserah anda yang paling utama ketika sistem beribadah merasa nyaman khusyuk. 
Agar tambah nyaman lagi, dapat pula dengan memberikan aroma aroma, bila saya sukanya aroma yang buah - buahan 

Eitss Nyaris lupa, tata sinar ruang juga butuh di perhatikan. pencahayaan yang cukup serta tak terlalu berlebih.

Demikianlah Artikel Tentang design interior, yang pada kesempatan kali ini membahas tentang Tips Membuat Tempat Sholat di Rumah semoga artikel design interior, yang membahas tentang Tips Membuat Tempat Sholat di Rumah dapat bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Jangan lupa kunjungi artikel lainya di blog design interior,. apabila di rasa di perlukan  untuk anda jadikan referensi. Penulis tidak bertanggung jawab atas segala akibat yang mungkin timbul dari penggunaan informasi ini

Referensi :
http://www(dot)kasku(dot).co.id/
Share
Banner

marjuki juki

Test

Post A Comment:

0 comments: